Cara Membangun Blog sampai Menghasilkan Dolar




Salah satu bidang pekerjaan di zaman sekarang yang dikenal dengan zaman milenial adalah Blogger. Namun tak semua blogger dapat sukses menghasilkan dolar, ada banyak blogger yang putus asa sehingga memilih meninggalkan pekerjaan blog.


Untuk membangun sebuah blog dan menghasilkan dolar ada beberapa tahapan yaitu :

1. Membuat blog dan menentukan nama domain

Tentukan lah nama blog yang ingin dibuat. Apabila mau membuat blog kita harus tau dulu Niche apa yang akan kita tulis. Misalnya kita akan membuat blog Niche traveling maka nama domain usahakan yang ada hubungannya dengan traveling. Misalnya Jalankita, travelerkit, holiday, dll.

2. Membeli domain

Langkah selanjutnya adalah membeli domain pribadi. Kita bisa membeli domain di mana saja situs yang menyediakan domain. Misalnya di qwords, rumahweb, niagahoster dll. Belilah domain yang terjangkau boleh juga yang murahan asal tempatnya bisa dipercaya.

3. Template Premium

Blog yang bagus dimata mesin pencari adalah blog yang memiliki template yang ramah dengan mesin pencari, tidak berat, SEO friendly. Salah satu template yang dianjurkan adalah template premium. Keunggulannya adalah ringan, bersahabat dengan mesin pencari.

Salah satu template premium yang direkomendasikan oleh para blogger adalah template evomagz seperti yang digunakan pada blog ini.


4. Daftar blog ke Webmaster tool atau Google Console

Webmaster tool atau versi terbarunya adalah Google console adalah layanan dari google untuk menindeks situ atau blog agar terdata dengan baik. Tujuannya adalah agar blog dirayapi oleh mesin pencari sehingga bersaing dengan baik dengan blog lainnya.

Jika kita telah mendaftarkan blog ke Webmaster tool saat ada pengunjung yang mengetikkan kata kunci yang ada di artikel blog kita maka mesin pencari akan mengarahkan pengunjung ke artikel tersebut.

Cara mendaftarkan blog ke Webmaster tool dapat di lihat di artikel berikut : Cara mendaftar blog ke webmaster tool

5. Tentukan target negara di webmaster tool

Apabila artikel kita berbahasa Indonesia maka kita berharap pengunjung dari negara Indonesia, jika kita memiliki artikel berbahasa Inggris kita tentunya menginginkan pengunjung dari luar negeri oleh karena itu setting negara tujuan penting untuk mendapatkan kunjungan dari negara yang diinginkan.

6. Konsisten menulis dan menerbitkan artikel

Untuk membangun blog yang menghasilkan dolar maka kita harus rutin menerbitkan artikel. Bisa tiap hari atau jangka waktu tertentu. Semakin sering kita menerbitkan artikel maka kemungkinan pengunjung yang datang semakin banyak.

7. Gambar yang relevan

Setiap artikel harus memiliki gambar. Pilihlah gambar original yang relevan. Jika tidak memiliki gambar yang relevan, ambil gambar di situs penyedia gambar gratis seperti pixabay.com

Setting gambar sesuai dengan kata kunci di artikel tersebut. Caranya dengan menambahkan alt di gambar.

8.  artikel minimal 500 kata

Buatlah artikel minimal 500 kata karena mesin pencari cenderung lebih memilih artikel yang lengkap, panjang dan mewakili apa yang dicari oleh pengunjung. Dalam artikel tersebut juga harus dilengkapi dengan gambar, struktur kalimat yang jelas, menggunakan kaidah baku dan minim typo atau kesalahan penulisan.

9. Fokus satu Niche

Buatlah tulisan dengan Niche yang sama untuk satu blog. Blog yang memiliki Niche yang beragam atau gado gado  bukannya tidak bagus namun mesin pencari lebih menyukai blog yang memiliki tema seragam. Apabila kita ingin menulis dengan tema yang diluar Niche sebaiknya letakkan tulisan tersebut di blog yang berbeda.

10. Pilihlah jenis artikel yang sedikit persaingan

Artikel yang sedikit persaingan akan memiliki peluang lebih besar muncul di halaman pertama mesin pencari. Bandingkan dengan artikel yang sering di tulis oleh banyak orang tentunya semakin sedikit pula tulisan kita akan muncul di halaman pertama pencarian.

11. Buat internal link

Agar sebuah blog dapat terus dipercaya oleh mesin pencari buatlah internal link yaitu link yangengarah ke halaman lain di blog kita. Caranya dengan menambahkan tulisan "artikel terkait", atau "artikel lainnya" di dalam tulisan artikel. Sehingga saat pengunjung membaca artikel tersebut besar kemungkinan pengunjung akan mengklik tulisan kita yang lain. Semakin lama pengunjung di halaman blog kita maka semakin baik blog kita di mesin pencari.

12. Update secara konsisten

Saat membangun sebuah blog kita mesti melihat perkembangan trafik ke blog kita. Dengan cara update artikel sebelumnya ada konsisten berarti memperbesar peluang blog kita terdeteksi di mesin pencari sehingga pengunjung akan  mengunjungi blog kita. Bisa saja kita lakukan dengan melakukan promosi di media sosial sehingga banyak yang membuka blok kita.

13. Jangan terburu -buru memasang iklan

Apabila blog sudah kita bangun dengan benar, jangan terburu buru memasang iklan hingga trafik atau kunjungan dapat stabil. Usahakan trafik mencapai 50- 100 kunjungan tiap hari, barulah blog siap dipasangkan iklan.

14. Lengkapi blog dengan Disclaimer, About me, Privacy dan kontak

Lengkapi menu pada bagian header dengan Disclaimer, About me, Privacy dan kontak. Menu-menu tersebut bertujuan untuk memberikan identitas blog secara legal. Dan menghindari tulisan di blog dapat di curi orang lain. Selain itu seorang blogger atau publisher juga harus jelas identitasnya.

15. Periksa secara berkala Link error' di Brokenlinkchek.

Apabila ada link error' di blog maka segera hapus karena itu akan mempengaruhi blog di mesin pencari. Link error' dapat berasal dari link mati, komentar dari pengunjung atau domain yang kadaluarsa. Segera cek link error dan segera perbaiki.

16. Artikel original dan tidak copas

Buatlah artikel sendiri hasil tulisan sendiri tanpa copas. Artikel yang copas tidak akan diizinkan untuk memasang iklan oleh Google. Apabila membuat artikel yang serupa buatlah dari hasil pemikiran Anda sendiri tentu saja garis besarnya diperbolehkan kita menyadur namun tetap saja tidak boleh ambil tulisan orang lain mentah mentah.

17. Lengkapi dengan kata kunci, deskripsi penelusuran

Saat menulis sebuah artikel sebaiknya kita mencari kata kunci yang tepat. Bisa saja kita meminta bantuan situs yang memberi layanan search keyword. Setelah itu lengkapi tulisan dengan deskripsi penelusuran untuk memaksimalkan kata kunci penelusuran. Pada blogspot terdapat di bagian draft sebelah kanan. Apabila belum muncul maka setting di bagian preferensi dan buatlah metatag.

18. Bersiap Daftar Adsense

Nah, jika tahapan diatas sudah dilakukan dengan benar, maka kita tinggal mengajukan blog ke google adsense. Silahkan berkunjung ke artikel berikut : Cara mendaftar blog ke Google adesense

Nah, inilah cara membangun sebuah blog hingga dapat siap menghasilkan dolar. Jika tahapan tersebut telah dilalui maka tinggal menanti dengan doa. Selamat menulis.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Membangun Blog sampai Menghasilkan Dolar"

Post a Comment