Cara melihat view postingan di google analitik



Bagi seorang publisher atau blogger mengamati analisis blog milik mereka adalah menu sehari-hari. Karena dengan mengamati analisis blog tentu menjadi salah satu bahan untuk membuat artikel selanjutnya.


Salah satu kebahagiaan publisher adalah ketika banyak visitor yang berkunjung di blog mereka dan membutuhkan konten yang mereka tulis.

Apalagi blogger yang menjalin kerjasama dengan klien atau brand untuk memasangkan artikel berbayar tentu membutuhkan trafik (kunjungan) tinggi. Untuk itu dalam setiap memposting artikel sebaiknya kita melihat perkembangan pengunjung yang datang ke blog kita.

Salah satu tools yang digunakan untuk melihat visitor di blog kita adalah dengan bantuan google analytic.

Google analytic dapat membantu publisher menampilkan perilaku visitor yang berkunjung di suatu blog.

Beda google analytic dan Dashboard blogger
Jumlah kunjungan di suatu blog dapat diketahui dari dashboard blogger maupun dari google analytic. Bedanya jika di google analitic lebih akurat karena setiap perangkat yang berkunjung dihitung satu kali sehingga tak ada manipulasi kunjungan yang dapat dilakukan.

Sedangkan di dashbord blogger setiap kunjungan meskipun dari perangkat yang sama dan dilakukan secara berulang akan dihitung berulang juga. Hal ini memungkinkan terjadi kunjungan yang ganda.
Perbedaan pageview dashboard blogger dengan google analitic yaitu :

1. Satu kunjungan di google analitic berasal dari satu alamat IP adress si pengguna. Sedangkan di dashboard google satu kunjungan tercatat tiap kali seseorang menampilkan tayangan page blog kita.

2. Di dashboard blogger reload akan dihitung juga per tayang sehingga jika pengunjung berkali kali mereload suatu halaman maka terhitung semua halaman yang tampil.

3. Kita dapat menganalisis perilaku pengunjung dengan banyak indikator baik lokasi, kata kunci yang biasa mereka gunakan atau jam tayang mereka mengunjungi blog kita.

Bagi brand yang menggunakan jasa blogger untuk membangun link sebuah situs maka hasil dari google analitic lebih biaa dipercaya daripada di dashboard blogger.

Cara melihat pageview aatu postingan di dashboard blogger

Untuk melihat pageview satu postingan di dashboard blogger cukup mudah yaitu :



1. Login ke blogger
2. Klik statistik blog
3. Ketik di kolom pencarian (search) judul blog yang akan kita lihat pageview nya.
4. Selanjutnya blogger akan menampilkan url yang kita cari beserta jumlah view dan jumlah komentar pengunjung.

Untuk melihat pageview satu postingan di google analitic caranya :



1. Login ke google analitic, apabila kita sebelumnya telah membuka email google maka saat login kita langsung diarahkan ke dashboard google analitic. Apabila belum login silahkan masukkan alamat email google dan pasword.

2. Setting tanggal sesuai yang kita inginkan, bila ingin melihat jumlah view perbulan silahkan setting tanggal misalnya 1 february 2019 -  1 maret 2019, klik apply.

3. Klik behavior ---- site conten ---- all page
4. Pada halaman tampilan klik page title lalu ketik judul postingan yang akan kita cari ---- search

5. Halaman google analitic sudah menampilkan view postingan, grafik, session, bounch rate.

6. Apabila menginginkan tampilan dalam satu bulan tinggal kita ubah pad kolom dikanan grafik day, week atau month.

7. Apabila kita mau menyimpan dalam bentuk PDF bisa kita lakukan dengan klik pada bagian pengarsipan, atau kalau aku tinggal screenshoot dari layar saja.

Done

Begitulah cara melihat pageview dashboar blogger dan view goole analitic postingan Anda.

Salam blogger.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Cara melihat view postingan di google analitik"

  1. Page view sangat berguna untuk menilai progress sebuah blog

    ReplyDelete